3 Cara Mengukur Tinggi Fundus Uteri

Kehamilan merupakan momen yang ditunggu oleh seorang ibu, terlebih untuk calon ibu baru. Tentunya, bagi Anda yang sedang hamil, sudah pasti penasaran dengan usia kehamilan Anda. Nah, salah satu cara untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan mengukur tinggi fundus uteri. Lantas bagaimana cara mengukur tinggi fundus uteri? Berikut ini caranya.

1. Pita Ukur

Pengukuran tinggi fundus uteri (TFU) bisa dilakukan menggunakan pita ukur. Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh Mc Donald di Amerika pada tahun 1906-1910. Pengukuran dengan metode ini juga dikenal dengan istilah Pengukuran Mc.Donald.

Mengukur TFU dengan pita ukur sangat direkomendasikan. Bahkan The Public Health Service Expert Panel (1989) dan The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) juga merekomendasikan pengukuran TFU menggunakan metode ini, khususnya saat ibu hamil melakukan kunjungan prenatal.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, metode ini bisa digunakan untuk melacak pertumbuhan kehamilan tiap minggunya. Caranya adalah dengan mengukur jarak antara tulang kemaluan dengan fundus menggunakan pita ukur dengan satuan centimeter (cm). 

Sebagai contoh. jika kehamilan Anda menginjak  usia 24 minggu, maka ukuran rahim umumnya sebesar 22-26cm. Secara umum, rahim akan tumbuh sebesar 1 cm tiap minggunya, atau sekitar 4 cm dalam sebulan. 

2. Caliper

Selain menggunakan metode pita ukur, cara mengetahui TFU juga bisa menggunakan teknik pengukuran Caliper, atau menggunakan jangka lengkung yang bernama Caliper. Untuk cara pengukurannya sendiri, dengan cara meletakkan salah satu ujung jangka pada organ intim wanita.  Sementara ujung yang lainnya diletakkan pada fundus. 

Untuk mengetahui usia kehamilan, Anda hanya perlu melihat berapa ukuran rahim yang tertera pada jangka lengkung. Namun, metode ini sudah jarang digunakan. Hal ini tidak lain, karena cara pengukuran TFU ini menyebabkan ketidaknyamanan dan beresiko menyebabkan infeksi.

3. Metode Jari

Metode berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengukur TFU adalah metode jari. Dimana metode ini sangat membantu dalam mengetahui usia kehamilan dalam beberapa bulan. Cara mengukurnya sendiri bisa Anda lakukan dengan memperhitungkan jarak rahim dari pusar. 

Apabila rahim ada di atas atau di bawah pusar, maka ukur berapa banyak jari di atas atau di bawah rahim dari pusar. Secara umum, TFU akan bertambah lebar sebanyak dua jari tiap bulannya. Sebagai contoh. Jika Anda empat orang dengan jarak rahim dua jari di atas pusar, maka kehamilan Anda memasuki usia tujuh bulan.

Nah, itu dia ketiga cara mengukur tinggi fundus uteri, guna mengetahui usia kehamilan Anda. Meskipun cara ini banyak digunakan. Namun TFU bukanlah ilmu yang pasti. Sebab, metode ini hanya digunakan untuk mengukur pertumbuhan janin dalam kandungan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.