Anggur Laut dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apakah kalian pernah mendengar apa itu anggur laut? Kalian bisa menemukan tanaman ini di perairan Indonesia dan masih satu jenis dengan rumput laut. Manfaatnya juga sangat banyak, mulai dari dimakan hingga untuk kecantikan. Memang, harganya sangat tinggi. Kalian harus mengeluarkan uang 250 – 700 ribuan rupiah per kilonya.

Apa Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan?

Teksturnya berlendir, tapi rasanya lembut & renyah sehingga kadang dikonsumsi mentah atau dipakai untuk lalapan. Manfaat buah ini untuk kesehatan antara lain:

  • Anti penuaan dan menguatkan tulang

Di Jepang, tanaman ini dijuluki ‘rumput laut umur panjang’ karena salah satu khasiatnya adalah membuat awet muda. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisinya seperti omega-3, asam lemak tak jenuh, kalsium, dan protein. Mengkonsumsinya secara rutin juga membuat tulang kuat & terhindar dari pengeroposan tulang.

  • Menjaga kesehatan jantung dan mata

Tanaman ini diyakini bisa menjaga struktur kolagen kulit di arteri serta mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke. Selain itu, tanaman ini juga hadir dengan kandungan asam lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan kualitas memori & penglihatan, mencegah oksidasi, meningkatkan fluiditas pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol.

  • Mencegah diabetes dan hipertensi

Lebih dari itu, tanaman ini bisa mencegah penyebaran radikal bebas, mencegah pengikatan protein & glukosa, dan mengurangi penumpukan sorbitol intraseluler. Jadi, mengkonsumsinya akan menurunkan resiko komplikasi diabetes.

  • Meredakan sembelit

Manfaat lainnya adalah meredakan sembelit. Pasalnya, tanaman ini rendah gula dan kalori sehingga bakteri baik bisa mencerna makanan serta mengeluarkan limbah makanan lebih cepat & efisien.

  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kalian juga bisa mengkonsumsinya untuk mendapatkan rambut dan kulit yang sehat karena tanaman ini memiliki sifat antibakteri dan kaya akan antioksidan. Banyak produk kosmetik yang menggunakan tanaman ini sebagai salah satu bahan pembuatannya. Tanaman laut ini juga dapat memproses antioksidan dan kolagen secara efisien dan membuat kulit awet mudah.

  • Menurunkan berat badan

Dengan konsumsi teratur, berat badan kalian juga bisa turun. Bahkan, mengkonsumsinya setiap hari juga membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah berkat kandungan protein nabati, asam lemak tak jenuh, zat besi, zinc, kalsium, vitamin C, dan rendah gula. Jadi, tanaman ini sangat bagus untuk orang yang obesitas atau ingin diet.

  • Mencegah kanker

Satu lagi manfaat tanaman ini untuk kesehatan, yaitu kemampuannya mencegah tumbuhnya sel kanker. Perlu diketahui, tanaman ini mengandung lignan dan berperan menghancurkan sel kanker. Bahkan, kandungan zat fucoidan di dalamnya merupakan zat antikanker. Tak heran jika banyak orang Korea dan Jepang mengkonsumsi tanaman ini secara rutin. Itulah kenapa populasi pengidap kanker sangat rendah di negara-negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.