Ingin Beli Printer? Ketahui Dulu Fungsi Printer di Sini

Printer seakan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Terlebih, jika Anda merupakan pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran. Printer memiliki fungsi utama untuk mencetak dokumen dalam bentuk file digital ke dalam bentuk fisik. Umumnya, printer digunakan untuk mencetak dokumen untuk laporan akademik, laporan keuangan, skripsi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ternyata perangkat ini juga mengalami perkembangan fungsi yang semakin beragam. Selain untuk mencetak dokumen, simak ulasan tentang fungsi printer berikut:

  • Scan dan Fotokopi Dokumen

Bagi kalangan pelajar dan pekerja kantor, memiliki printer multifungsi jadi keuntungan tersendiri. Dengan menggunakan printer ini, Anda bisa melakukan pemindaian dokumen untuk berbagai keperluan. Anda juga tidak perlu membeli perangkat mesin fotokopi. Karena, saat ini banyak sekali seri printer Canon PIXMA yang menawarkan fitur copy. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa melakukan fotokopi dokumen dengan cepat dan mudah.  

  • Mencetak Foto

Sekarang, Anda tidak harus pergi ke studio foto untuk mencetak foto paling berkesan. Anda bisa menggunakan perangkat printer untuk mencetak dokumen dalam bentuk foto hitam putih maupun foto berwarna. Bergantung dari jenis printer yang dipakai, hasil cetak foto dengan printer bisa jadi sangat tajam dan berkualitas. Jenis kertas yang digunakan sudah pasti bukan kertas folio, melainkan kertas foto. Beberapa printer Canon PIXMA bahkan memungkinkan Anda untuk mencetak foto secara wireless langsung dari perangkat hp. Ini tentunya menjadi hal yang sangat wajib Anda coba dari sebuah printer wireless.

  • Mencetak Pamflet, Flyer dan Spanduk

Tidak hanya foto, Anda juga bisa mencetak desain visual yang sudah dibuat dengan menggunakan printer. Anda dapat mencetak pamflet dan flyer dengan mudah cukup di rumah. Tentu saja, tipe kertas yang digunakan juga harus sesuai. Gunakan jenis kertas khusus untuk tujuan pencetakan selebaran untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Atau, Anda juga bisa menghubungi jasa percetakan terdekat. Selain untuk mencetak selebaran, printer juga bisa digunakan untuk mencetak spanduk. Tentunya, Anda harus memiliki printer yang memang didesain untuk tujuan tersebut.  

  • Mengirim Email dan Fax

Selain untuk mencetak berbagai jenis dokumen, Anda juga bisa menggunakan printer untuk mengirimkan email maupun fax. Pengiriman email serta fax sudah pasti menjadi hal yang jamak dilakukan di lingkungan kantor. Untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk fax dan email lewat printer, caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan fitur Cloud Service atau layanan awan di dalam printer. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya ada di beberapa jenis printer saja. Salah satunya, adalah seri printer ink tank yang dikeluarkan oleh Canon PIXMA.

Demikianlah ulasan berbagai fungsi printer yang menarik untuk Anda ketahui. Dengan membaca ulasan di atas, tentunya dapat membantu Anda dalam menentukan jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.