Kalau hendak Menang Kontes Yuk Intip 3 Kriteria Penilaiannya Kamu Hobi Tanaman Hias

Seiring melesatnya tren budidaya tanaman hias yang dilakukan masyarakat di Indonesia, hal ini turut mengundang banyaknya kegiatan kontes tanaman hias. Jadi, menanam dan merawat tanaman hias seolah bukan lagi sekadar hobi untuk menghijaukan sekaligus mempercantik dekorasi rumah, ini juga bisa menjadi sumber bisnis ketika tanaman hias ikut dikonteskan atau diperlombakan. Kontes tanaman hias sendiri bukan suatu hal baru, namun kegiatan ini semakin berkembang ke segala penjuru Tanah Air akibat ramainya fenomena menanam tanaman hias sepanjang awal pendemi Covid 19.

Nah, kamu termasuk yang hobi tanaman hias, bisa engadunya dengan tanaman hias yang lain untuk memenangkan sebuah kontes. Berbicara mengenai kontes tanaman hias, mungkin kamu bertanya "apa saja hal hal yang menjadi penilaian untuk bisa memenangkan sebuah kontes tanaman hias?". Terkait hal itu, Handry Chuhairy, salah satu juri dalam Kontes Aroid Nasional sekaligus pemilik Han Garden, menuturkan bahwa setidaknya ada 3 poin penting dalam penilaian yang dilakukan juri pada kontes tanaman hias.

"Penjurian kontes tanaman hias sekarang ini skalanya dibagi 3 kriteria, pertama Karakter, kedua Perform (penampilan), ketiga Kesehatan," ungkap Handry saat ditemui dalam acara Kontes Aroid Nasional 2021 di kawasan Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/4/2021). Dari ketiga kriteria tersebut, Handry mengatakan bahwa Karakter memiliki bobot penilaian sebanyak 40 persen, sementara Perform dan Kesehatan masing masing memiliki bobot penilaian sebanyak 30 persen. Terkait Karakter, Handry menjelaskan bahwa hal itu menilai sebuah tanaman hias dari daun, batangnya, hingga kelangkaannya.

Jadi, populasi tanaman hias yang mengikuti sebuah kontes tanaman hias juga termasuk dalam kategori penilaian, dan ini perlu diperhatikan. "Untuk Perform, itu secara pandangan pertama kesan keseluruhan. Jadi kesan keseluruhan daripada tanaman itu dilihat. Jadi dari daun kecil besar, membentuk satu pucuk, dan juga daripada penggunaan pot (tanaman hias) itu sendiri," jelas Handry. Sementara mengenai kesehatan, hal itu menilai tanaman hias dari perakaran, kejernihan daun daun, hingga tidak adanya penyakit atau serangan hama pada tanaman hias.

"Terkait kesehatan, daun tanaman hias itu sudah maksimal atau tidak. Apakah dia ada bawaan genetik, tidak membuka dengan sempurna dan lain sebagainya itu dinilai. Jadi 3 itu secara umum menjadi penilaian dari lomba tanaman hias," ungkap Handry. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.