Kenali 5 Investasi Aman dan Menguntungkan Bagi Pemula

Dewasa ini investasi aman dan menguntungkan menjadi salah satu alternatif untuk melindungi uang/harta yang dimiliki dari gerusan inflasi. Hmm… mungkin bagi Anda yang awam di bidang investasi masih agak sulit ‘mencerna’ pernyataan di atas. Jika demikian, kami akan coba jelaskan secara sederhana untuk memudahkan Anda mengenal apa itu investasi dan mengapa investasi penting untuk melindungi uang/harta Anda dari inflasi.

Investasi dan Inflasi, Apa Itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan/proyek dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Sementara inflasi adalah penurunan mata uang karena kenaikan harga barang-barang.

Faktor pendorong terjadinya inflasi pun ada beberapa macam, seperti: banyaknya mata uang yang beredar di suatu negara, kenaikan ongkos produksi, kekacauan politik dan ekonomi suatu negara, dan masih banyak lagi.

5 Investasi Aman dan Menguntungkan

Dalam hukum investasi, dikenal istilah “high risk-high return” dan “low risk-low return”. Secara sederhana dapat diartikan: jika risiko semakin besar, semakin besar pula kemungkinan keuntungan yang dapat diperoleh. Pun demikian sebaliknya. Jika risiko investasi kecil, semakin kecil pula potensi keuntungannya.

Jadi, jika Anda menginginkan keuntungan yang besar, risiko yang ‘menggentayangi’ investasi itu pun akan semakin besar pula. Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas lima instrumen investasi 100 ribu aman dan menguntungkan yang cocok bagi pemula. Apa sajakah itu? Yuk, simak informasinya.

  • Logam Mulia (Emas)

Hampir serupa dengan properti, investasi emas nilainya relatif stabil dan merangkak naik dari tahun ke tahun. Modal awal berinvestasi emas pun tidak terlalu besar. Dengan ± 600 ribu rupiah, Anda sudah dapat memiliki emas batangan 1 gram (harga per Oktober 2017). Investasi ini pun bersifat likuid alias mudah diuangkan kembali.

Jadi, pada saat Anda membutuhkan uang tunai, Anda bisa langsung menjual emas yang Anda punyai. Kelemahan dari investasi emas ada pada cara penyimpanannya. Bentuk emas yang ringkas, membuat emas mudah untuk dicuri. Agar aman Anda bisa menyimpannya di deposit box atau jasa penyimpanan emas di pegadaian. Tentu saja, dengan biaya sewa yang harus Anda bayarkan.

Selain itu, emas termasuk instrumen investasi jangka panjang. Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, Anda disarankan menyimpan emas minimal tiga (3) tahun.

  • Tabungan Berjangka

Bagi Anda yang masih ragu ingin memulai investasi, bisa dimulai dengan menabung terlebih dahulu, namun bukan di produk tabungan biasa melainkan di produk tabungan berjangka.

Tabungan berjangka berbeda daripada tabungan biasa, karena melalui produk tabungan berjangka, uang yang kamu simpan tidak dapat diambil sampai jangka waktu yang ditentukan. Namun, kamu bisa berkesempatan mendapatkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, mencapai 4.25% per tahunnya.

Tabungan berjangka memiliki risiko yang sangat minim karena merupakan salah satu bentuk produk simpanan.

  • Deposito

Serupa tapi tak sama, deposito mirip dengan crowdfunding Indonesia. Nasabah deposito dapat menyimpan uangnya di deposito sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Berbeda dengan tabungan yang merupakan produk simpanan, deposito adalah produk investasi.

Pada umumnya nilai keuntungan investasi tidak ada yang bisa menjaminnya, kecuali deposito. Ya, deposito merupakan instrumen investasi yang aman karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Hasil investasi pun sudah bisa diprediksi dengan nilai yang pasti. Kelemahan dari investasi ini ialah keuntungan yang relatif kecil jika dibandingkan instrumen investasi yang lain, namun masih lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.

  • Obligasi

Obligasi juga cukup aman terlebih yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam bentuk ORI (Obligasi Ritel Indonesia). Tingkat pengembalian investasinya pun lebih tinggi daripada deposito.

  • Reksa Dana

Mau keuntungan investasi yang lebih tinggi daripada deposito dan obligasi tetapi likuid seperti emas? Anda mungkin bisa mencoba investasi dalam bentuk reksa dana. Ini termasuk instrumen investasi yang aman dan menguntungkan asalkan Anda tahu bagaimana cara menempatkannya. Perlu diperhatikan juga, reksa dana memiliki banyak jenis. 

Demikian lima investasi mulai 100 ribu aman dan menguntungkan bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi Anda, selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.