Ragam Penyakit AutoImun Pada Anak yang Perlu Diketahui!

Berbincang tentang kondisi kesehatan anak, salah satu hal yang cukup penting diketahui adalah penyakit autoimun pada anak. Anda tentu sudah pernah mendengar tentang penyakit satu ini, bukan?

Secara singkat, bisa dikatakan jika penyakit auto imun adalah gangguan kesehatan di mana kekebalan tubuh si kecil akan melakukan perlawanan pada sel tubuh. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh anak membedakan sel tubuh dan sel asing yang perlu dilawan.

Penyakit auto imun ini memiliki beberapa macam yang perlu diperhatikan secara spesifik. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Addison 

Addison adalah gangguan auto imun yang akan menyerang kelenjar adrenal. Akibat gangguan kesehatan ini, maka tubuh tidak bisa menghasilkan hormon cortisol di mana nantinya anak akan cenderung lebih mudah lelah, kehilangan nafsu makan dan lainnya. 

Tidak hanya itu, pada kasus yang lebih parah, anak akan mengalami nyeri pada perut, mudah harus, sering demam dan lainnya. Beragam gangguan kesehatan tubuh tersebut akan sangat mempengaruhi perkembangan kesehatan mereka. 

  • Hepatitis auto imun

Ragam penyakit autoimun pada anak lain yang cukup sering mengganggu adalah hepatitis auto imun. Penyakit ini terjadi karena kekebalan tubuh anak secara spesifik akan menyerang organ hati.

Kondisi ini bisa terjadi pada masa anak-anak dan juga remaja. Secara umum, gejala hepatitis auto imun ditandai dengan rasa mual yang begitu terasa, nyeri perut yang menyakitkan, kehilangan nafsu makan dan mata yang terlihat kuning.

  • Crohn 

Crohn adalah penyakit auto imun anak yang terjadi karena peradangan pada saluran pencernaan. Gangguan ini muncul dengan gejala berupa nyeri pada perut bagian kanan yang cukup menyakitkan. Selain itu, Crohn juga sering ditandai dengan pendarahan pada anus, diare dan lainnya.

Beberapa hal di atas adalah ragam penyakit autoimun pada anak yang perlu diketahui. Jika Anda menemukan gejala tersebut terjadi pada anak Anda, maka ada baiknya jika Anda segera melakukan pemeriksaan.

Deskripsi: penyakit autoimun pada anak terjadi dengan beberapa varian yang harus diwaspadai karena mengancam kesehatan anak secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.