Tanda Oli Transmisi Untuk Mobil Sudah Harus Diganti

Seperti halnya oli mesin, oli transmisi untuk mobil berperan penting dalam pelumasan. Oli memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan sebuah mesin mobil. Jika mobil kehabisan oli, umur mesin bisa diprediksi 10-20 tahun lebih pendek daripada menggunakan oli itu sendiri. 

Cairan transmisi melembutkan semua komponen mesin untuk mencegah gesekan kasar dan karat. Cairan transmisi berfungsi sebagai konduktor dan pelumas untuk mekanisme perpindahan gigi otomatis dari transmisi otomatis. Mobil dengan transmisi otomatis memiliki baki tetesan dengan cairan transmisi. 

Disarankan untuk mengganti oli transmisi setiap 40.000 km agar mesin transmisi kendaraan dapat lebih awet. Namun, secara umum, mobil dengan transmisi manual lebih sering mengganti oli daripada mobil dengan transmisi otomatis.

Bahkan mobil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis disegel dari saat pembelian hingga akhir penggunaan, sehingga ada beberapa mobil yang tidak dapat mengganti oli transmisi. Namun, kendaraan dalam kondisi ini biasanya dipasok dengan oli transmisi berkualitas tinggi dari pabrikan dan tidak perlu diganti selama beberapa tahun.

Ciri-Ciri Oli Transmisi Harus Diganti

  • Perpindahan gigi terasa berat

Ini adalah kejadian umum yang dialami tanpa tahu apakah ini salah satu karakteristiknya padahal inilah saatnya untuk mengganti cairan transmisi. Akibat tidak mengganti oli persneling kendaraan, perpindahan gigi menjadi sulit karena lapisan kopling yang tipis.

  • Ada suara bising

Mesin transmisi beroperasi dengan gesekan melalui bagian logam untuk menggerakkan kendaraan. Jika gesekan logam ini tidak dilumasi, transmisi mau tidak mau akan menghasilkan suara yang keras di mesin mobil, yang tentu saja tidak baik untuk mobil. Oleh karena itu, jika mesin mengeluarkan suara yang keras, cairan transmisi perlu diganti.

  • Warna oli transmisi menjadi gelap dan kental

Warna hitam oli yang terkadang sering keluar menetes saat service mobil berarti Anda telah diminta untuk menggantinya dengan yang baru, dan tukang reparasi biasanya akan menyalin oli transmisi lama sesuai kebutuhan spesifik Anda.

Anda bisa mengganti oli transmisi sendiri atau ke bengkel terpercaya agar lebih aman. Agar tidak bingung dalam pergantian oli transmisi untuk mobil, autochem.id memiliki fitur simulasi ganti oli yang sangat mudah digunakan dan tentunya juga dengan produk-produk oli lainnya yang berkualitas. 

Deskripsi : oli transmisi untuk mobil harus segera diganti apabila telah menunjukkan beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.