3 Tahapan Utama untuk Kesembuhan Penyakit Bipolar

Penyakit bipolar dapat semakin parah jika penderitanya mengalami depresi dengan jangka waktu yang lama. Kondisi kesehatan mental ini akan mempengaruhi kualitas hidup jika tidak segera ditangani. Berikut tahapan utama untuk mendapatkan kesembuhan yang bisa dilakukan. 

  • Terapi Obat-obatan

Obat-obatan yang berguna sebagai penstabil mood atau disebut obatan anticonvulsant. Antidepresan bisa mengatasi pemicu penyakit bipolar. Anda harus mengonsumsi obat-obatan sesuai petunjuk yang ada pada obat sesuai resep dokter. 

Di mana setiap obat memiliki efek samping saat dikonsumsi maka jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Selama proses terapi obat-obatan ini Anda harus bersabar karena obat juga perlu waktu untuk bisa bekerja dengan efektif. 

Konsumsi obat tepat waktu agar bisa bekerja dengan optimal untuk proses kesembuhan. Jangan lupa untuk minum air yang cukup setelah mengonsumsi obat agar tidak membuat ginjal menjadi bermasalah. Minum obat satu persatu jangan ditelan sekaligus karena bisa mengganggu kinerja obatnya.

  • Terapi Psikologi

Tahapan berikutnya dengan terapi psikologi yang sangat membantu untuk mengetahui apa faktor penyebab terjadinya penyakit bipolar. Selain itu, memberitahu bagaimana gejala yang akan dialami dan upaya pencegahan yang bisa dilakukan. Terapi psikologi yang dilakukan dikenal dengan terapi bicara dengan tujuan membantu mengubah pikiran dan perilaku menjadi lebih baik.

Nanti proses terapi akan didapatkan beberapa analisa yang harus diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Dalam terapi psikologi ini juga akan melibatkan keluarga yang fungsinya membantu kesembuhan Anda. Di mana kondisi kesehatan akan membaik dengan adanya dukungan dari keluarga. 

Terapi yang dilakukan ini akan perlahan-lahan membantu mengubah pikiran dan tingkah laku Anda menjadi lebih baik atau kembali normal. Setidaknya membantu sekali mencegah stress yang lebih parah dan berlangsung lama. 

  • Terapi Pola Hidup

Pola hidup yang diterapkan sehari-hari akan ada dampak negatif dan positifnya pada kesehatan mental. Buat penderita penyakit ini penting untuk mengubah pola hidup menjadi menjadi lebih baik. Dimulai dengan tidur yang cukup dan berkualitas. 

Konsumsi makan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Hindari makanan siap saji yang tidak baik bagi kesehatan Anda. Upayakan untuk memasak makanan sendiri agar tingkat higienisnya terjaga. Lakukan olahraga setiap hari untuk membantu metabolisme berjalan lancar. Salah satu olahraga yang disarankan adalah yoga untuk memberikan Anda ketenangan. 

Relaksasi juga dibutuhkan untuk membantu menjaga mood Anda agar tetap stabil. Hindari mengonsumsi rokok dan alkohol. Lakukan aktivitas sesuai kapasitas Anda jangan sampai kelelahan dan menimbulkan stres berlebihan. 

Setiap penyakit selalu ada cara untuk mencegah terjadinya dan menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Anda perlu yakin untuk upaya yang dilakukan dalam proses kesembuhan. Berbagai artikel kesehatan lainnya bisa dibaca di Orami Magazine yang tentunya akan memberikan informasi terakurat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.